Senin, 11 Maret 2019

Berapa Sih Harga Kontrakan Petak dan Kontrakan Rumah di Bandung? Ini Infonya

Posted by Sekuntum Mawar on Senin, 11 Maret 2019

Tinggal di sebuah kontrakan merupakan salah satu pilihan terbaik bagi Anda yang belum bisa membeli rumah sendiri. Nyatanya, harga rumah memang tidak murah. Ada banyak hal penting yang harus dipersiapkan ketika ingin membeli rumah mulai dari dana, lokasi yang strategis, hingga desain bangunan rumah. Mungkin saja Anda sudah punya dana, namun kebetulan belum ada lokasi yang cocok atau sebaliknya. Jika demikian, mengontrak atau menyewa rumah bisa menjadi pilihan Anda. Bagi Anda yang tinggal di kota Kembang Bandung, terdapat banyak jasa cari sewa rumah Bandung yang siap menyambut Anda.


Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang cukup tinggi. Pasalnya, banyak perusahaan dan bisnis yang ada di kota ini. Ini memicu adanya banyak perantau dari banyak kota untuk tinggal dan bekerja di kota Bandung. Bagi perantau yang berniat untuk bekerja sementara di Bandung, biasanya mereka memilih untuk kos atau kontrak. Berapa harga kontrakan petak dan rumah di Bandung?

Perbedaan Kontrakan Petak dan Rumah di Bandung
Kontrakan petak dan kontrakan rumah memiliki desain, fasilitas, dan harga yang berbeda. Banyak orang yang bingung untuk memutuskan untuk menggunakan kontrakan petak atau kontrakan rumah. Meskipun demikian, jangan sampai Anda kebingungan. Anda bisa memutuskan untuk tinggal sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kontrakan petak biasanya hampir mirip dengan kos-kosan. Anda hanya akan mendapatkan sepetak kamar saja. Bahkan, tidak tersedia kamar mandi di dalamnya. Anda harus menggunakan kamar mandi bersama-sama dengan tetangga kontrakan lain. Berbeda halnya dengan kontrakan rumah, setidaknya Anda akan mendapatkan 3 petak ruang termasuk kamar mandi dan dapur di dalamnya.
Untuk masalah harga, kontrakan rumah tentu saja memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan kontrakan petak. Pasalnya, kontrakan rumah memang memiliki tempat yang lebih luas. Jadi, pemilik bisa lebih leluasa untuk tinggal di dalamnya. Sedangkan untuk kontrakan petak, apapun harus dilakukan di satu petak yang tersedia. Belum lagi kalau ingin ke kamar mandi harus keluar kamar.

Namun, baik kontrakan petak atau yang sering disebut dengan kos-kosan dan kontrakan rumah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.
1.    Kelebihan dan Kekurangan Kontrakan Petak
Kontrakan petak biasanya lebih disukai oleh mereka yang masih single. Orang yang masih single dan hidup sendiri tentu saja lebih nyaman hidup di tempat yang tidak terlalu luas. Yang penting, tempat tinggal tersebut nyaman. Justru dengan kondisi rumah kontrakan petak yang minimalis dan sangat sederhana, mereka tidak perlu melakukan banyak hal untuk membersihkan maupun merawat kamar mereka.

Cukup nyapu dan ngepel, semuanya sudah beres. Namun kekurangannya adalah Anda yang tinggal di kontrakan petak tidak akan leluasa ketika menerima tamu. Pasalnya, kontrakan yang dimiliki benar-benar hanya satu petak saja. Dalam satu petak tersebut, fungsi utamanya tentu adalah kamar tidur.

Jadi, ketika Anda ingin menerima tamu Anda akan sedikit merasa risih. Belum lagi jika ingin ke kamar mandi harus keluar. Ini akan sedikit merepotkan. Namun, harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kontrakan rumah. Bahkan pembayarannya pun bisa dicicil setiap bulan sekali.

Kebanyakan lokasi dari kontrakan petak berdekatan langsung dengan tempat pemiliknya tinggal. Secara tidak langsung, Anda berasa memiliki bapak atau ibu kos. Namun, ini justru akan membuat Anda lebih aman dan nyaman karena merasa terlindungi.

Beberapa kontrakan petak ternyata juga menyediakan kamar mandi di dalam. Jadi, benar-benar hanya tersedia satu petak kamar dan kamar mandi. Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan kontrakan petak dengan  kamar mandi di luar. Namun, penghuni kontrakan akan merasa jauh lebih nyaman karena tidak perlu keluar untuk pergi ke kamar mandi.

2.    Kelebihan dan Kekurangan Kontrakan Rumah
Beda halnya dengan kontrakan petak, kontrakan rumah memiliki fasilitas yang lebih luas dan lengkap. Anda akan mendapatkan tempat tinggal yang nyaman layaknya sebuah rumah. Kontrakan rumah dilengkapi dengan teras, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

Kontrakan rumah lebih nyaman digunakan karena Anda bisa membawa barang-barang yang Anda miliki ke dalam kontrakan. Anda bisa mengisi perabotan dengan lengkap. Maka kontrakan rumah memang cocok sekali digunakan oleh mereka yang sudah berkeluarga.

Bahkan dalam sebuah kontrakan rumah biasanya terdapat lebih dari satu kamar tidur. Menarik bukan? Kontrakan rumah memang memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kontrakan petak. Anda juga diwajibkan untuk membayar kontrakan secara tahunan.

Artinya, di awal tahun pemakaian kontrakan Anda harus membayar untuk satu tahun ke depan. Beruntungnya, Anda bisa menabung di bulan-bulan kedepannya karena Anda tidak perlu memusingkan untuk membayar sewa kontrakan.

Masing-masing kontrakan petak dan rumah memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika Anda tinggal di kontrakan petak bulanan, Anda bisa pindah dengan bebas kapan saja karena Anda hanya membayar kontrakan per bulan. Namun jika Anda mengontrak per tahun, Anda akan berpikir dua kali untuk pindah kontrakan karena Anda sudah membayar sewa kontrakan selama setahun

Harga Kontrakan Petak dan Kontrakan Rumah di Bandung
Harga kontrakan petak dan kontrakan rumah di Bandung tentu saja berbeda. Sewa rumah akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan sewa kontrakan petak. Apalagi jika Anda menyewa rumah kontrakan di tempat yang strategis. Anda harus membayar lebih banyak  karena tempat yang Anda tinggali memang benar-benar diminati oleh banyak orang.

Harga kontrakan petak di Bandung rata-rata mencapai 600 ribuan per bulannya, ada yang lebih dan ada pula yang kurang. Harga masing-masing kontrakan petak tersebut tentu saja mempengaruhi kualitasnya. Harga yang lebih murah biasanya berlokasi di tempat yang kurang strategis. Tidak hanya itu, biasanya bangunannya sudah tidak baru dan fasilitasnya pun kurang.

Berbeda dengan harga kontrakan petak 800 ribuan di Bandung, Anda sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap seperti kamar mandi, air bersih, listrik, serta kebersihan yang terjaga. Ada pula kontrakan petak yang menawarkan harga 1 juta lebih karena dilengkapi dengan jasa laundry dan AC di kamar.

Sedangkan untuk harga kontrakan rumah, harga yang ditawarkan berkisar 10 juta per tahun tergantung lokasi kontrakan yang Anda pilih. Jika Anda memilih di lokasi yang strategis, maka Anda akan mendapatkan harga yang lebih tinggi. Namun tidak apa, Anda akan dimudahkan untuk bepergian kemana-mana.

Memilih kontrakan petak atau pun kontrakan rumah hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Baik kontrakan petak atau pun kontrakan rumah akan nyaman ditinggali jika lokasinya, harganya, serta fasilitasnya sesuai dengan yang Anda harapkan.

Mencari kontrakan rumah atau petak di Bandung memang susah-susah gampang. Anda bisa mencari informasi melalui teman yang sudah lama tinggal di kota Bandung atau pun melalui situs properti online. Jangan lupa, selalu lakukan survei tempat sebelum memutuskan untuk menyewa tempat tersebut untuk menjadi tempat tinggal Anda di kota Bandung.

Previous
« Prev Post