Jumat, 21 Desember 2018

6 Teknik Photography Dan Video Yang Mudah Untuk Pemula

Posted by Sekuntum Mawar on Jumat, 21 Desember 2018

Ada banyak orang yang ingin terjun ke dalam dunia photography dan video https://fastwork.id/photography-video, namun terkendala berbagai faktor, beberapa diantaranya adalah kurang percaya diri, keterbatasan alat, terlalu sibuk, tidak menemukan pengajar yang tepat dan lainnya. Jika kamu ingin belajar dan mengenal dunia photography serta bagaimana cara merekam sebuah video yang bagus, bisa memulainya dengan mencoba teknik photography dan video yang mudah serta bisa dilakukan oleh pemula seperti yang ada di bawah ini.


1. Perhatikan Kondisi
Sebuah foto atau video yang dibuat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk promosi produk, maka perlu memperhatikan berbagai hal, terlebih jika adanya penerapan konsep pada video yang dibuat. Agar hasil photography dan video menjadi bagus secara keseluruhan, perhatikan kondisi dan lingkungan sekitar tempat pengambilan gambar. Jika background objek kurang bagus, cari sudut terbaik atau jika ingin sesuai dengan tema yang diusung, dapat menggunakan background buatan yang mendukung dengan alur cerita atau penggambaran pada video.

2. Pakai Tripod
Menjaga agar kamera tetap stabil saat pengambilan gambar adalah hal yang penting dan harus dilakukan. Hanya saja, ada sebagian orang bahkan kebanyakan, memiliki keseimbangan yang kurang baik pada saat memegang kamera. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan cara menggunakan tripod. Kamera yang diletakkan pada tripod tidak akan mudah bergerak atau bergeser selama diletakkan pada tempat yang datar. Terkadang, dibandingkan hanya mengandalkan tangan saja untuk memegang kamera, menggunakan tripod jauh lebih aman dan stabil. Untuk proses pengambilan photography dan video yang dilakukan dalam waktu lama, seperti misalnya sebuah acara wawancara, diskusi dan lainnya yang hanya fokus pada satu tempat, menggunakan tripod akan sangat memudahkan dalam proses shooting. Cukup letakkan kamera pada tripod, atur sudut pengambilan gambar yang baik dan nyalakan kamera, maka tidak perlu lagi harus memegang kamera dalam waktu lama hingga tangan capek. Praktis bukan?

3. Atur Pencayahaan
Setiap kegiatan photography dan video yang dilakukan, semuanya pasti memerlukan pencahayaan. Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan untuk mengatur pencahayaan ini, seperti penggunaan flash, payung dan lainnya, tergantung dari situasi dan kondisi di tempat pengambilan gambar atau video. Jika saat ingin memotret atau shooting, cahaya yang ada di lokasi terlalu terang dan perlu pengurangan cahaya, maka bisa disiasati dengan menggunakan payung untuk mengurangi efek silau dari cahaya. Sedangkan untuk lokasi yang minim cahaya, dapat menambahkan pencahayaan memakai lampu atau flash.

4. Gunakan Frame
Melakukan eksplorasi seni pada sebuah foto atau video dapat dilakukan dengan mengkombinasikan hasil photography dan video dengan tambahan bingkai atau frame. Keberadaan bingkai ini bisa jadi membuat foto terlihat lebih artistik dan menarik. Untuk yang masih pemula, dapat mencoba menerapkan frame standar terlebih dahulu.

5. Tambahkan Microphone Eksternal
Untuk penambahan alat seperti microphone eksternal, memang sangat dibutuhkan khusus untuk kegiatan shooting video. Banyak videographer pemula yang tidak mengetahui atau mengabaikan hal ini. Padahal, keberadaan microphone eksternal sangat berpengaruh terhadap hasil suara dalam video. Jika hanya mengandalkan mic kamera, dikhawatirkan suara dari objek utama tidak jelas dan tidak nyaring. Jika proses syuting dilakukan ditempat yang tidak terlalu ramai dan minim gangguan suara lain, maka tidak masalah tanpa microphone eksternal, namun apabila proses shooting berada pada lokasi ramai, banyak terdapat suara lain selain objek utama, maka pilihan untuk menggunakan microphone eksternal dirasa lebih baik.

6. Pakai Objek Manusia
Untuk memaksimalkan pengambilan objek photography dan video, bisa menggunakan objek manusia sebagai tambahan (jika objek utama lainnya benda mati). Selain jadi lebih hidup, dengan adanya objek manusia pada gambar atau video, tentunya lebih menarik dan bisa melakukan banyak eksplorasi.

Semoga dengan 6 teknik yang sudah dijelaskan tadi, kamu jadi bisa terpacu untuk segera memulai kegiatan photography dan video. Jangan ragu untuk mencoba dan melakukan eksperimen dalam memotret. Semoga bermanfaat.

Previous
« Prev Post